Menjaga hafalan

Tidak terasa hampir menuju 1000 malam Lila berada di asrama, dan sebentar lagi ia akan menyelesaikan pendidikan jenjang SMP. Dulu di awal-awal ia tinggal di asrama, pada dua pertiga malam saya sering terbangun ketika tiba-tiba ia hadir dalam mimpi.

Kamu sedang ngapain, Lil? Saya suka bereka-wicara. Belakangan, saya kembali suka terbangun dua pertiga malam, sekedar ‘menemaninya’ belajar menjelang UN. Ya, di asrama ia akan bangun sebelum waktu subuh: mandi, belajar, shalat subuh, menderas Quran, sarapan lalu berangkat ke sekolah.

Saya suka membayangkan aktivitas pagi Lila seperti itu sambil berjalan menuju masjid untuk shalat subuh berjamaah. Saya sering kaget jika tiba-tiba ada tetangga yang juga berangkat ke masjid menyapa/menepuk pundak saya.

Saya kadang merasa bersalah ketika ‘membiarkannya’ hidup jauh dari orang tua, meskipun sekolah tinggal di asrama menjadi pilihannya dulu. Mestinya kamu seperti mBak Kika, ikut orang tua sampai lulus SMA.

***

Pada akhir semester lalu, ia bersama teman-temannya sempat galau akan lanjut ke SMA Boarding School atau SMA Negeri, bahkan Kika merayu supaya sekolah di Jogja, nanti ngekos bareng.

Karena mempunyai prestasi yang cukup bagus di sekolahnya, Lila mendapatkan rekomendasi dari sekolahnya untuk ikut tes masuk SMA Boarding School yang masih satu Yayasan dengan SMP-nya atau SMA Boarding School yang terletak di wilayah Serpong itu.

Nggak usah galau Lil, kamu nanti sekolah di SMA Karawang saja. Maka, ia mengabaikan rekomendasi tersebut.

***

Selama tinggal di asrama peradaban, Lila mampu menghafal Quran sebanyak 5 Juz lebih sekian baris. Hmm, menurut saya sebuah capaian yang sangat bagus.

Ketika Lila nanti tinggal di rumah, ia mesti mempertahankan hafalan 5 Juz tadi dan syukur-syukur bisa menambahnya. Lalu, bagaimana tanggung jawab saya sebagai bapaknya dalam menjaga hafalannya nanti, sedangkan bacaan Quran dan ilmu tajwid saya tak sebaik Lila.

Sepertinya lebih baik saya akan belajar membaca Quran darinya. Ia akan mengajari saya sambil menjaga hafalannya, sementara itu saya akan mendapatkan ilmu baru darinya.

Share on Facebook